Home Alone : Special Cooking Class Cumi Asam Manis

Berbeda dengan minggu-minggu tenang semester-semester lalu, minggu tenang kali ini sempat membuat sayCumi Asem Manis =P~a duduk manis di rumah tercinta. Sayangnya, di saat saya ‘tenang’, Ibu malah sedang travelling ke Bali. Ayah masih sibuk dengan pekerjaan. Sedangkan adik saya masih belum ‘tenang’ dengan kuliahnya. Jadi lah saya sempat mengalami ‘Home Alone’ beberapa hari. Bosan sekali ternyata. Tapi bukan Sari namanya kalo tidak mempunyai ide untuk mengatasi kebosanannya. Kali ini, saya memilih untuk menyalurkan bakat dan menghancurkan dapur. Time for cooking😀

Lirik-lirik kulkas yang menyisakan bahan seadanya membuat saya bergerak ke supermarket terdekat dan membeli beberapa bahan makanan. Kali ini saya memilih daging giling, cumi-cumi, serta beberapa kebutuhan lainnya. Total belanja saya saat itu, 25 ribu. Tak lebih, dan tak kurang. Sengaja. Kalau lebih dari itu, saya pasti terpaksa meninggalkan KTP saya di kasir.

Home Alone Day 1
Menu yang saya buat hari ini judulnya ‘Bola Daging Kecap’. Tunggu. Atau malah ‘Kecap Bola Daging’? Whatever. Cara memasaknya cuku sederhana.
Bagian 1
1. Campurkan saja daging giling yang dibeli tadi dengan sedikit tepung, satu butir telur, garam, dan merica secukupnya.
2. Bentuk menjadi bola-bola kecil, kemudian goreng sampai kecoklatan.
3. Angkat, dan tiriskan.
Bagian 2
1. Tumis bawang putih sampai harum.
2. Masukkan tomat, cabe, dan buncis yang sudah diiris serong.
3. Beri garam, gula, merica, dan kecap. Tambahkan air.
4. Setelah mendidih, masukkan bola-bola daging yang sudah kita buat di bagian 1.
5. Tunggu sampai masak. Hidangkan.
Durasi yang dibutuhkan untuk memasak : 20 menit😀

Home Alone Day 2
Masih bertemakan spontaneous cooking class, dengan bahan-bahan yang seadanya dan campur jadi satu, menu Home Alone kedua saya : Cumi Asam Manis. Saya suka sekali cumi asam manis. Jadi saya bertekad harus bisa memasaknya sendiri. Here it is.. Sediakan cumi-cumi (ya jelas laaahh..). Bahan lainnya : asam jawa, jahe, jeruk nipis, tomat, bawang putih, saus tomat, garam, gula, cabe, merica secukupnya.
Bagian 1
1. Buang kantung tinta pada cumi-cumi.
2. Potong-potong cumi dengan bentuk persegi. (dipotong biasa sehingga berbentuk cincin juga oke)
3. Sayat potongan persegi cumi.
Bagian 2
1. Campurkan jeruk nipis, sedikit larutan asam jawa, jahe, dan bawang putih yang telah dicacah halus.
2. Rendam potongan cumi ke dalam campuran yang telah dibuat.
3. Diamkan sejenak sekaligus untuk menghilangkan bau amis. *katanya😀
Bagian 3
1. Tumis bawang putih, dan cabe sampai harum.
2. Masukkan cumi, tumis.
3. Tambahkan larutan asam jawa, gula, garam, saus tomat, jahe.
4. Tambahkan air secukupnya.
5. Terakhir, masukkan tomat. Tunggu sampai semua bahan meresap ke dalam cumi.

Hampir sama dengan Bola Daging Kecap / Kecap Bola Daging, Cumi Asam Manis ini juga perlu waktu 20 menit sebelum terhidang lezat di atas piring. Puas dengan memasak makanan kesukaan saya, dengan keadaan dapur yang hampir hancur, saya menemukan dua bungkus puding sachet. Ahaaaa.. Time for dessert =P~
Membuat puding sangaaaatt sederhana. Masukkan bubuk puding, tambahkan gula, dan air sesuai petunjuk yang ada puding strawberry coklatkupada kemasan, tunggu sampai mendidih, tuang dalam cetakan. Karna saya mempunyai dua rasa puding (strawberry dan coklat), saya terlebih dahulu memasak puding strawberry. Setelah dituang ke dalam cetakan, saya harus menunggu sampai puding tersebut dingin sebelum membuat puding kedua rasa coklat. Setelah puding coklat mendidih, tuang langsung di atas puding strawberry yang sudah dingin tadi. Setelah dingin, voilaaa.. Jadi lah puding dua lapis. Setelah dingin, potong-potong puding. Maksud hati saat itu saya ingin membuat fla sebagai pelengkap puding. Tapi karna susu cair-nya tidak ada, saya urungkan niat saya. Sebagai penggantinya, nikmati puding dengan cocktail kaleng😀

Home Alone? Siapa takut… B-)
Lirik-lirik dapur yang berantakan.. Ga berantakan ga belajar😀

Hari ini, hari trakhir di tahun 2008.
Trima kasih untuk semua yang menemani tawa, canda, suka, duka, dan semua momen tak terlupakan di tahun ini…

Really wish for a better year.. for U all😀

Selamat Tahun Baru 2009😀

13 thoughts on “Home Alone : Special Cooking Class Cumi Asam Manis

  1. tumben ada fotonya.. :))

    masakannya cupu ah…😛

    *padahal aku ga bisa masak..

    Sari said : Biarin yee..
    Resep2nya tuh khusus buat yang ga bisa masak..
    Makanya dipilih yang simple2..
    ‘Cooking Class for Dummies’😆

  2. aku kalo di rumah sendirian biasanya cuman tidur+nonton tipi+makan.. itu ajah.. trus kalo lapar tinggal telp ibu, minta dikirimin makanan :p

    wah.. kapan2 resepnya boleh dicoba tuh😀

    yaaahh.. kamu kan bgitu nyampe rumah senengnya gulung2:mrgreen:

  3. Wah,mulai memasuki pendidikan dapur ternyata.hehehe..
    Jadi teringat pas home alone beberapa bulan yang lalu.Eit,gak alone,ada adek sm ayah.tp ibu lg pergi..Jadilah ak yg masak2.

  4. Huuuaaa..
    Iya..
    Emang paling gak enak kalo Ibuk lagi pergi pas kita laper di rumah
    Tapi lumayan si..
    Jadi bikin kita bereksperimen merusak dapur tercinta😀

    Eh btw, diajakin si Lalak tuh..
    Ambil S2 Tata Boga

    di Aussie

    Ikut ta?:mrgreen:

  5. kalo gw sih, semisal sedang home alone,mending gw tamasya keliling semesta dunia maya aja . byk kok yg asyik.
    uhm….kalo ada modal pasti eloh buka rumah makan ya…..
    he…he..he…

    Sari said : kebanyakan melototin komputer juga bosen sih.. di kampus ama komputer, masa home alone juga ama komputer..?
    rumah makan….? huhuhuhu.. amiiinnn😀

  6. He.. he.. enak tuh…

    Eh kalo maen ke Bali, aku dibawain masakanmu ya…

    Jelas enak banget :p
    Wah, sayang sekali.. Aku jarang ke Bali.
    Trakhir kesana sih kira2 8 bulan lalu :p

  7. wah buk..
    aku jg sering gitu.. klo home alone drmh alias ibuQ lg kluar kota, uda bosen makan beli2 trs, jadilah aku mempraktekan resep2 makanan yg ada dbuku2 resep.. tp hasilnya sering TAK MEMUASKAN.. hahahahhaa.. hrs byk bljr dr kmu nih kyknya..😀

Tinggalkan Balasan

