Saya Sebel Sama Situh Si Tukang Plagiat!! (S5TP)

No-Copy-Paste-PlisSaya lagi sebeeeeeell!!

Ok. Mungkin saya lebay. Gak sesebel itu sih sebenernya. Cuma kemarin, saat berbincang santai dengan temen lama (TL) yang topiknya tentang ‘hati’ via ym!, si TL ini mencopy-paste sebuah nasihat :

..cuma bisa didapet kalo dalam prosesnya, Aku dan Kamu mau berbagi dan menerima apa-apa yang Aku dan Kamu miliki. Juga mau berbagi dan menerima apa-apa yang Aku dan Kamu tidak miliki.

Sejenak saya terkesiap. Sepertinya saya pernah menulis hal itu di postingan yang ini. Anehnya, begitu saya konfirmasikan ke TL, si TL malah bilang kalo dia dapet dari blog friendster temen SMA-nya. Artikel lama sebenarnya. Tapi tetap membuat saya syoookk!!! Oke. Saya tahu saya memang keren. Tapi mengambil sebagian atau keseluruhan karya blog saya tanpa ijin, walaupun dia fans saya, saya rasa kok sesuatu yang ‘gak banget’ ya….

Atau memang salah saya sih.. Dari awal tidak menerapkan aturan yang melarang tindakan “CTRL+C” plus “CTRL+V” sebagian atau keseluruhan isi blog. Huff.. S5TP pokoknyaaaa!!!

48 thoughts on “Saya Sebel Sama Situh Si Tukang Plagiat!! (S5TP)

  1. Hehehehe, gitu ya, ya aku juga ngga sekali 2x mengalami hal ini, so far so good, and ga usah terlalu difikirkan, kecuali kalo tulisan kita itu novel kelas berat..hehe

  2. sama mbak, salam permulaan gw aja yg berbunyi …”salam kenyal ya-sekenyal-kenyalnya aja sekarang ada yg niru kok…gg kreatif sekali kan ?……
    dasar plagiat banget tuh orang…:-)” *sigh*

  3. kalo aku sih gak masalah ada yang copy paste….gak marah ato apa justru seneng kalo ada yang copy paste berarti karya kita banyak di manfaatkan orang lain…….so enjoy aja

  4. sabar mbak, anggap saja sampeyan telah menyebarkan ilmu. saya berpendapat ilmu pengetahuan itu bersifat kumulatif, orang bisa menemukan sesuatu yang baru karena orang-orang di masa sebelumnya sudah menemukan hal lain yang bisa dijadikan dasar, jadi saya ndak terlalu mempermasalahkan para penjiplak. *bukan berarti saya penjiplak* saya sendiri pernah waktu mbuka blog temen ada salah satu postingannya yang mirip, ndak kopi paste sih, tapi dari paragrap ke paragrap ngambil pokok pikiran postingan saya, saya cuma ketawa saja, dasar!😆

  5. Sebenarnya walaupun peraturannya gak ditulis, harusnya sudah jadi suatu kesadaran untuk tidak kopas tanpa menyertakan sumbernya. Cuma ya… mungkin memang banyak orang yang jadi blogger tanpa peduli netiquette ya?😛

  6. klo gag salah dulu saia pernah baca
    ada plugin yg mendeteksi multiple konten gitu mbak
    coba aza dipake sapa tau tuk jaga2
    jadi ntar klo ada yg maen copas
    mbak bisa tau
    salam knal, jgn lupa komen baleknya

  7. jgn marah2 dulu say, cek ricek dengan sebenar2nya dan kalau si teman tidak mengaku, mungkin saja memang dia tidak mengambilnya dri blog…mungkin ada orang lain yg mengcopy dan paste tanpa mencantumkan source aslinya…dan bukan karena sengaja tapi karena tidak tahu…🙂

  8. hmm…. copy paste mungkin boleh aja… asal dikasih referensi sumbernya dari mana?
    jadi sama sama untung, yang copy dapet conten gratisan tanpa mikir, dan yang buat conten bisa terkenal…

  9. kucek-kucek mata, terbangum dari hibernase….

    Biasa itu, Sar… fans emang suka mengadopsi petikan dari pemikiran kita biar dianggap nyambung *pengalaman*

    1. fansemang suka mengadopsi petikan dari pemikiran kita….

      huahaa..
      aku suka kalimatmu, Dee..
      yaaa.. gitu de ulah fans..
      kadang suka aneh2

      *narsis sangat*:mrgreen:

  10. cup…cup…cup….
    sabar2 mba…
    didunia bloger dah ga heran klobanyak yg copas…
    berarti mba banyak yg fans…
    berarti kata2 mba banyak peminatnya n banyak yg menyukainya…
    walaupun mereka mengambilnya tanpa ijin mba…
    yg pasti mba jangan patah semangat wat menulis lagi…
    siapa tw nanti mereka sadar mba…
    n ga sembarangan copas lagi…
    keep smile🙂

  11. Kunjungan balik…
    Salam kenal…
    Yang sabar ya. Kalau saya belum kepikiran sampe ke situ ya???
    Tujuan saya but Blog ini agar kita dan orang2 yang kita sayangi tidak menjadi KORBAN KEJAHATAN

  12. sari, saya juga tau kalau saya keren dan isi blog saya yang tak kalah keren itu sangat berpotensi untuk ditiru orang-orang tak keren.
    jadi kalau jeung sari (yang tidak sekeren saya) tidak keberatan, saya mau kopi logo keren itu buat diletakkan di blog keren saya.

    dari saya yang keren banget…

  13. hmmm… ini salah satu dampak teknologi canggih .. copy paste gampang..jd plagiat juga begitu mudahnya…. yahhh.. kalo yg punya nurani pasti gak mau plagiat deh…

  14. hmmm… karena bagus kata2nya jadi di tiru mba…
    jadi inget kerja sampingan saya… klo web designer malah sering banget di jiplak karya2anya…🙂

  15. Memang menyebalkan …

    Apalagi kalau mereka mendapatkan uang darinya …
    Aaarrggghhh …

    (lho kok marah-marah …)
    maap … baru datang sudah marah …

    Abis aku juga kesal dengan Doktorandus Copy Paste …

Tinggalkan Balasan

