Tomat Itu, Buah atau Sayur?

buah tomatbuah tomat

Serius deh.. Gara-gara iklan susu formula yang terkenal sama ‘papasaurus’ itu, episode selanjutnya saya jadi dapet pertanyaan macem judul artikel ini dari ponakan-ponakan saya yang masih balita.

Setelah ngobrol sana-sini sama beberapa orang, akhirnya dapet jawaban -versi saya-

Tomat itu…. BUAH!!
Alesannyaaaaa :
1. Karena pada dasarnya -menurut buku biologi- tomat merupakan hasil dari penyerbukan dan pembuahan.
2. Adanya percampuran antara ilmu pengetahuan dan kuliner. Penggunaan tomat sebagai bahan makanan yang dicampurkan pada berbagai macam masakan membuatnya kemudian disebut-sebut sebagai salah satu jenis sayuran.
3. Karena pertanyaannya : tomat itu buah atau sayur jadi jawabannya jelas buah. Kalau pertanyaannya : tomat itu sayur atau buah, jawabannya ya sayur laaah!! *oke.. bagian ini saya asal*

By the way,
Saya punya blog baru looo..
Monggo mampir di http://sariajah.com/

30 comments on “Tomat Itu, Buah atau Sayur?

    • Kalau gak salah;
      1. Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Jadi Tomat termasuk di dalamnya.
      2. Sayur adalah nama masakan yang terdiri atas kuah dan benda-benda lainnya. Sayuran adalah aneka bahan (benda-benda) pembuat sayur selain rempah. Jadi Tomat juga termasuk sayuran.
      Wakakakakakakak

    • Huahahaha…
      Selamaaaaaaaaaaaaaaaaaattt
      Lagi-lagi dapet PERTAMAX

      Pantes aja cadangan di pertamina sering abis.. pasti gara-gara blogger yang hobi PERTAMAX kek gini.. Ckckckck..

  1. Hmmm…
    Setau saya tomat itu enak kalo dimakan…
    Dulu zaman waktu kecil, sering makan nasi hanya dengan lauk tomat bulat gedhe dan cabe yg digiling campur garam…

    Jadi, tomat itu lauk yang enak… :D

    • kalo mnrut saya “buah tomat” itu 100% buah
      kalo “sayur tomat” otomatis 100% sayur..

      gmana tambah bingung apa smskin bingung????
      #yang nulis aja bingung# :D

  2. emg tomat itu buah karena melalui proses peyerbukan hingga menjdi buah, hya saja banyak digunakan untuk pelengkap masakan mkany disebut sayur.

  3. tomat itu buah.. klo aku ngliatnya dia kan punya biji2an yang bisa digunakan untuk mereproduksi dirinya.. jadi dari biji itu aku bisa menyimpulkan kalo dia buah.. sama seperti timun, yg menurut saya juga buah..

    bener nggak sih? :p

  4. Ping-balik: Tomat dan Test « Mirror

  5. numpang comment,ya..sebenarnya blm ada yg tw it sayur apa buah…karena zat yg ad dlm sayur ad di tomat..yg ada d buah pun ad di tomat..misalnya tomat it mengandung vit.A dan vit .C

  6. lah yang ini juga pernah membingungkan saya :)
    Anak : TOMAT itu buah atau sayur sih pak ?
    Bapak : tomat itu buah tapi termasuk sayur juga

    walah membingungkan wekekekekekkek

  7. jika tomat termasuk buah,,kenapa g ada di dagangan mamank dagang rujak ya :D wakakakak,,,,yang pasti termasuk buah dah, berawal dari proses penyerbukan dan pembuahan,,,tapi sawi juga termasuk buah dunk :(, dari proses nya juga sama tuh,,,puyenggggggggggggg,,,dah yang pasti pasti aja,,,HANYA TUHAN YANG TAHU wakakakka :) lam knal ya semuanya

  8. Kalau menurut saya ada dua fersi tergantung kondisinya., kalau toma lg sendiri dan namanya buah, tapi kalau lg sama2 kuah itu namaya sayuh… Hahaha

Tinggalkan Balasan

