Perubahan Itu..

Blogmu kok nggenah saiki?!

Kalimat di atas, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘blogmu kok bener sekarang?’ Satu kalimat pertanyaan-sekaligus-pernyataan yang tiba-tiba muncul di chat window saya suatu siang dari seorang senior. Saya berpikir sejenak. Saya pun kemudian hanya membalas dengan emoticon titik dua tutup kurung🙂

Bukannya narsis, tapi saya sadar kalau blog ini bertransformasi. Ya jelas lah. Isi blog kan dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan si empunya blog. Jadi anggap saja saya pun bertransformasi menjadi lebih ‘nggenah’. Blog yang dibilang ‘nggenah’ ini sekarang lebih banyak menyajikan tulisan ‘nggenah’ tentang informasi juga pengalaman yang menginspirasi. Berbeda dari tulisan pendahulunya yang lebih banyak berupa keluh kesah, keluh kesah, dan keluh kesah lagi. Eits, bukan berarti saya sekarang jadi tertutup atau introvert karena tidak ingin membagikan apa-apa yang saya rasakan. Tapi saya memilih untuk lebih bijaksana menggoreskan pengalaman saya, dengan harapan akan menjadi sesuatu yang menginspirasi dan dapat diambil hikmahnya dibanding hanya sekedar kesan berkeluh kesah tiada akhir. Dan buat saya, itu perubahan..

survey youthsays seachange
tiga pertanyaan survey harapan perubahan

Jiaaaaah..
Akhir-akhir ini kok jadi banyak topik tentang perubahan? Mulai dari blog yang berubah jadi ‘nggenah’, perubahan cuaca Surabaya yang makin panas — serius deh.. jangankan hujan seperti di Jakarta, titik air pun belum turun di sini, sampai promo koar-koar mengajak orang lain untuk berubah. Ngapain? Kurang kerjaan banget ngajak orang berubah. Berasa jadi yang paling bener aja. Memang benar kalau saya bukan orang-yang-paling-benar. Jelas lah… Karena kebenaran mutlak hanya milik sang Khalik. Saya cuma manusia, bro.. Yang saya bisa lakukan hanya berubah menjadi lebih baik, menjadikan perubahan saya sebagai inspirasi untuk mengajak orang lain membuat perubahan.

Semua ini bermula sejak saya bertemu Amitabh Bachchan. Mendengarkannya berbicara panjang lebar tentang perubahan di Youth Engagement Summit 2009 di Kuala Lumpur. Inspirasi yang beliau sampaikan benar-benar terasa. Dan.. Blasssssttt.. Saya pun harus terbangun. Hihihihi. Oalaaaah.. Saya cuma mimpi bertemu dengan Bollywood megastar tersebut. Sesaat tadi saya memang tertidur saat membuat tulisan ini diantara waktu sehabis sahur dan menunggu subuh.

Okeeee. Saya pun kembali ke topik awal. Tentang perubahan. Dan jari-jari saya pun kembali menari di atas keyboard.

Begitulah. Akhir-akhir ini pun saya harus menjelaskan tentang apa saja perubahan yang bisa kita lakukan. Mumpung kita masih muda, mumpung kita masih bisa bermimpi, mumpung kita masih memiliki banyak tenaga untuk bergerak. Sodara-sodara juga mau membuat perubahan kan? Sekarang sih sudah semakin banyak saja wadah penyalur aspirasi. Misal : Youthsays. Youthsays merupakan wadah untuk pemuda se-Asia Tenggara. Salah satu programnya yaitu SEAchange dimana para pemuda bebas menyampaikan perubahan yang mereka harapkan. Jadi langsung saja sign up di sini. Setelah aktivasi, sodara-sodara bisa mengisi survey seperti gambar yang ada di atas itu. Kurang menggiurkan? Bagaimana kalau saya kasih embel-embel, tiap orang yang bergabung dalam program SEAchange ini memiliki kesempatan memenangkan tiket perjalanan gratis ke Malaysia. Siapa tahu mimpi saya bertemu Amitabh Bachchan menjadi kenyataan.

If you’re aged between 15 to 35 long on to http://www.youthsays.com/seachange to join 1 MILLION youth across Southeast Asia (SEA) and say YES to CHANGES!
By doing so, you and your friends stand a chance to win a FREE trip to meet top global change icons at the Youth Engagement Summit (YES) 2009 on November 16 & 17 in Kuala Lumpur. Rewards include return air flights, full accommodation and delegate passes worth in excess of US$2,500 each.

Saya dan dua puluh enam teman saya sudah bergabung loo.. Belum banyak memang. Tapi saya yakin bisa mengajak lebih banyak orang lagi. Nah, sekarang saatnya sodara-sodara ikutan juga. Torehkan harapan perubahan sodara-sodara dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiahnya. Buatlah harapan perubahan, baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar dan negara.

Btw, sodara-sodara..
Kalau melihat pertanyaan survey youthsays pada gambar di atas, untuk pertanyaan nomor satu :

Perubahan apa yang kamu inginkan saat ini dalam kehidupanmu?

Sodara-sodara mau jawab apa yaaaa?😀

24 thoughts on “Perubahan Itu..

    1. Makanya..
      Doakan saja saya menang tiket gratis ke KL buat ketemu Amitabh Bachchan.
      Nanti saya sampaikan pesan2 perubahan dari beliau dan pembicara hebat yang lain di YES2009😀

  1. “If you’re aged between 15 to 35 long on to”, mungkin maksudnya “log on to” (moga gue nangkepnya bener)

    Hemm…Perubahan apa yang kamu inginkan saat ini dalam kehidupanmu? gue pengen berubah jadi gue yg 5 tahun lg, tanpa perlu ngerasain prosesnya…huuu…maunya!!

Tinggalkan Balasan

