Di Balik Nama Ai Nareswari

Dear, Ai Nareswari

Kisah ini untukmu, untuk menjawab semua serba-serbi tanda tanya tentang sejarah namamu.

Ai Nareswari, kalau ibu bilang namamu ini ibu pikirkan hanya dalam waktu 1 jam, kamu tak kesal, kan?😀

Jelang HPL-mu, ibu dan bapak belum menyiapkan nama untukmu. Kami bingung, harus memikirkan nama untuk bayi laki-laki atau bayi perempuan. Banyak orang menyarankan kami segera menyiapkan 2 nama sekaligus – nama perempuan dan laki-laki. Kami sendiri, untuk memikirkan 1 nama saja sulitnya minta ampun! Sulit – karena ada banyak doa yang ingin kami sematkan dalam sebuah nama sederhana.

Buat ibu, namamu harus – iya, harus! – terdiri dari 2 kata saja. Bukan seperti kebanyakan nama bayi saat itu yang panjangnya bisa 3-4-5-6 kata dalam nama. Ibu tahu, semakin panjang nama bisa berarti doa yang terkandung pun panjang. Tapi, ibu tak ingin niatan memanjangkan doa ini justru membebanimu saat menempuh ujian nanti. Nak, mengarsir bulatan-bulatan di LJK (Lembar Jawaban Komputer) itu sederhana tapi perlu ketelitian. Belum lagi terbatasnya kotak-kotak yang harus kamu isi nantinya di berkas-berkas birokrasi. Dua kata. Itu saja. Sederhana dan mudah.

Ibu tahu, bapakmu gemar sekali dengan hal-hal berbau Jepang – termasuk AKB 48 :)) Entah kenapa, di suatu perjalanan pulang, saat mendengar lagu Aitakatta dari MP3 (bajakan) di mobil, ibu ingin sekali memakai nama Ai untuk anak perempuan ibu nantinya.

Ketika ibu “berunding” dengan bapakmu, satu ketentuan lainnya pun ditambahkan. Bapakmu ingin menamai anaknya dengan nama-nama berunsur Jawa. Setelah ibu berpikir, mencari petunjuk dari si Mbah Google, ibu langsung tertarik dengan nama Nareswari. Dan ketika digabungkan, nama Ai Nareswari itu berima! :p

Ai Nareswari sayang, Ai (dalam bahasa Jepang) artinya cinta. Nareswari (dalam bahasa Jawa) artinya permaisuri, ibu para raja, wanita yang utama. Doa yang kami titipkan padamu ini, agar kamu menjadi wanita penuh cinta dan welas asih pada sesama, semoga berbalik padamu. Semoga banyak orang pun begitu cinta dan sayang padamu.

 

XOXO

Yang paling menyayangimu,

Ibu-Bapak <3

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s