Gerakan Suara Anak

Saya ketakutan saat Ai Nareswari – yang saat itu berusia 8 bulan – di”brainstorming” oleh mbah putrinya untuk menjadi dokter.
Dokter adalah pekerjaan mulia – saya tahu itu. Saya mengamininya – kalau kelak memang itu passion putri saya. Namun bukankah proses brainstorming seperti itu kurang menyehatkan?
Di tengah ketakutan dan kegalauan saya mendengar bombardir Ai harus menjadi ini-itu-ini-itu dari lingkungannya, saya kepincut dengan gerakan Suara Anak.
Apa itu Suara Anak?
Gerakan untuk menghargai usaha anak, bukan hasil akhirnya, yang dimulai dengan menyediakan kesempatan pada anak-anak usia 7 – 12 tahun presentasi 5 – 8 menit mengenai pengalaman seru dalam mengembangkan bakatnya. Presentasi akan didokumentasikan, videonya diunggah,  diakses dan akan disebarluaskan ke berbagai komunitas.

“Loh, udah? Cuma lihat anak-anak presentasi doang? Tujuannya apa?”

Nah, presentasi itu adalah tahap awal untuk mewujudkan tujuan gerakan Suara Anak, yaitu Membangun kesadaran pentingnya menghargai usaha anak, Menyediakan kesempatan buat menceritakan kegemarannya, serta Membangun model pembelajaran melalui bercerita.

 

Beberapa video presentasi anak bisa dilihat di sini -> http://TemanTakita.com/Suara-Anak

Tinggalkan Balasan

